Dari mana kita memulai BISNIS?
Mulailah bisnis dari diri kita sendiri
Mulailah bisnis dari apa yang kita sukai
Mengapa harus memulai bisnis dari yang kita sukai?
Pentingkah Pancaindera sebagai Penentu Awal dalam Berbisnis ?
Karena dengan pancaindera kita akan mengetahui apa yg akan dibisniskan, kemana tujuan bisnisnya, dan bagaimana cara bisnis ini dijalankan.
Karena manusia dikaruniai dengan pancaindera:
mata utk melihat
telinga untuk mendengar
hidung untuk mencium bau/aroma
lidah untuk merasakan
tangan untuk meraba
Langkahnya: dengan melalui serangkaian proses pikiran dan perasaan, serta aksi.
Anugerah MATA kita gunakan untuk melihat lingkungan sekitar kita.
Dengan melihat, kita mendapatkan gambaran lingkungan kita yg penuh warna, keindahan dan bahkan ketidaknyamanan.
Semua yang indah, semua yang menyenangkan, dan bahkan semua yang jelek dan tidak nyaman akan menjadi sebuah peluang bisnis.
Berikut, kita mencoba mengetahui apa yg bisa dilihat oleh mata kita dan kemungkinan apa yang dapat dilakukan dari rangsangan mata tersebut.
Rangsangan dari Mata
Ketika di rumah atau di halaman rumah
Melihat perabotan rumah (jenisnya, bahannya, desainnya, warna dll.)
Melihat bangunan rumah (catnya terkelupas, kayu, desain dll.)
Melihat sekeliling atau halaman rumah (tanaman, batu-batuan,
kebersihannya, dll.)
Melihat kamar (desain, hiasan dinding, dll.)
Ketika melihat TV atau Film
Melihat TV atau film, muncul inspirasi tentang siluet tokoh di TV
atau di film kemudian disablon pada kaos, tas, kain dinding, dll.
Desain pakaian tokoh dapat menjadi inspirasi desain lainnya.
Desain rambut tokoh atau penyiar dpt menjadi inspirasi desain
rambut pada salon yg kita kelola, dll.
Ketika berjalan di jalanan umum
Tempat yg strategis (butik kecil, kedai kopi, kedai bakso, dll.)
Desain toko atau rumah makan (paket interior/eksterior toko, dll.)
Trand baju atau aksesoris (jika ingin bisnis baju atau eksesoris)
Ketika berkunjung ke rumah teman
Saat melihat tanaman hias, kita minta sedikit lalu diperbanyak
Saat melihat bentuk pas bunga, kerajinan tangan, dll.
Ketika makan di rumah makan
Melihat perabotan yg dipakai (piring, sendok, gelas, tempat tissue)
Ketika melihat banyak sisa makanan yg terbuang, dll.
Ketika naik kendaraan umum
Melihat makanan kota yg disediakan perusahaan travel, dll.
Informasi yg ditangkap telinga bisa informasi yg menyenangkan, informasi yang baik, yang buruk, yang menyedihkan, dll.
Informasi sekecil apapun akan sangat berguna dalam dunia bisnis. Misalnya kita mendengar informasi bahwa disuatu tempat kekurangan jasa pemotong rambut atau kekurangan jasa rumah makan, dll. Ini penting utk ditangkap dan segeralah lakukan tindakan atau aksi.
Ketika mendengar radio
Berita entertainment (mis: berita tentang kawin cerai artis: lalu kita
buat kata-kata yg agak “nyeleneh”, MIS: Kawin cerai tak
masalah, yang penting tetap bersatu untuk Indonesia.
Tulisan ini kemudian disablon atau dibordir di baju atau tas. Nah…..
tinggal dijual bukan?
Berita bencana produk sehat (misal: beras organik, sayur organik)
Ketika mendengar cerita teman/saudara
Cerita tentang kelahiran (misal: kado untuk hadiah, mainan aman)
Cerita tentang kegagalan
Cerita tentang keberhasilan
Ketika mendengar suara alam, dll.
Jangan selalu lidah kita membuat orang lain menjadi kaya, TETAPI bagaimana dengan lidah kita membuat kita kaya
Ada sejumlah peluang yang bisa muncul akibat lidah kita.
Ketika mencium bau harum/bau sedap
Membuat klinik pengharum tubuh (Mis: rumah TIMUNG ? )
Kedai kopi (aromanya harum menyeruak kemana-mana)
Ketika mencium bau busuk
Kita tidak senang !! Nah mungkin ide gila ini dapat menjadi inspirasi anda. Buat bau busuk yang mungkin 100x lipat busuknya dari telur busuk. Kemas dalam kemasan, lalu hubungkan dengan tombol otomatis. Ini bisa dipasang pada pintu-pintu rumah atau jendela. Jika org membuka paksa pintu/jendela, maka cairan ini akan ditembakkan kepada ybs. Dan org ini akan ketahuan sebagai pencuri yang gagal melakukan aksinya. He he he. Menarik?
Tangan kita bisa merasakan berbagai hal seperti panas, dingin, halus, kasar, dan hangat.
Atas dasar apa yg dirasakan tersebut, sebenarnya terbuka sejumlah inspirasi untuk sebuah peluang usaha/bisnis.
Misalnya:
ketika meraba barang yg halus
ketika meraba barang yang kasar
ketika meraba barang yg panas, dingin, dll.
INTUISI
Intuisi adalah Kemampuan alamiah seseorang utk mengerti dan memahami sesuatu atau suatu masalah tanpa harus berpikir lebih dahulu
Intuisi adalah bisikan kalbu
Kecepatan pengambilan keputusan atau kecepatan melakukan aksi merupakan langkah yg sangat menentukan untuk menuai kesuksesan dalam bisnis.
Bagaimana menggunakan intuisi kita untuk mendorong bisnis?
Ketika bertemu dgn orang lain
Ketika bertemu seseorang, mungkin kita merasakan kenyamanan/ketidaknyamanan. Nah, jika kita merasakan kenyamanan dan kecocokan, mungkin kita dapat berkolaborasi utk memulai sustu usaha atau bisnis. Intuisi bekerja dgn memberi sinyal-sinyal dihati kita.
Ketika memasuki ruangan/suatu tempat
Mungkin ketika kita memasuki suatu tempat yg baru, muncul perasaan enak/nyaman/tidak enak/menakutkan, dll. Saat inilah intusi kita sedang bekerja.
Ketika mengidentifikasi suatu masalah
Kamis, 16 Juni 2011
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar